Perkembangan teknologi yang semakin cepat, memunculkan banyak piranti (instrumen) baru untuk memenuhi kebutuhan atau fungsi yang terkadang memang diciptakan. Contoh sederhana, pada jaman dulu, untuk mendengarkan musik atau berita, hanya bisa dilakukan lewat radio atau televisi. Sedangkan apa yang didengar tergantung dari program acara yang diputar, kita tidak bisa menentukan berita atau musik tertentu yang kita inginkan. Apabila dibandingkan dengan keadaan sekarang, segala sesuatunya sudah jauh berbeda. Anda dapat menonton film tertentu dengan VCD/DVD player, mendengarkan musik tertentu dengan MP3 player, mendengarkan berita tertentu melalui televisi, dan sebagainya. Piranti-piranti yang saat ini ada, dibuat untuk memudahkan dan memenuhi keinginan pemakainya dengan menghadirkan teknologi yang lebih canggih dan juga tujuan dan fungsi yang lebih spesifik.
Dengan semakin membanjirnya piranti baru dengan berbagai jenis, ukuran, dan fungsi, orang mulai terbiasa mendengarkan istilah umum Gadget yang digunakan untuk mengacu ke piranti canggih yang memiliki fungsi praktis spesifik dengan kegunaan tertentu. MP3 player, laptop, netbook, kamera, TV 3D, E-Reader, Xbox, tablet, dan berbagai macam yang lain dapat disebut sebagai gadget. Salah satu jenis gadget yang paling akrab dalam kehidupan sehari-hari adalah handphone. Gadget jenis ini mengalami kemajuan dan pertumbuhan yang cukup signifikan. Penemuan baru selalu menjadi daftar spesifikasi yang dihadirkan. Sekarang ini handphone tidak semata-mata hanya digunakan untuk berkomunikasi, teknologi baru yang diterapkan memungkinkannya sebagai kamera, perekam video, peta digital, pemutar musik, jaringan internet, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa tipe gadget yang menarik untuk dimiliki:


TV 3D. Sangat disayangkan apabila Anda mengabaikan kehadiran TV 3D, terlebih lagi apabila belum memilikinya. TV 3D menawarkan gambar yang lebih baik, tampilan movie yang lebih menyenangkan, dan juga pengalaman bermain game yang sungguh mencengangkan. Semua produsen TV telah menghadirkan teknologi TV 3D untuk ditawarkan.

Konsol. Siapa yang tidak kenal Nitendo, Xbox, atau PlayStation 3? Konsol ini menawarkan permainan berbagai jenis dengan sangat mengasikkan dan memberi tampilan grafis beresolusi tinggi.

E-reader. E-book reader portable memberikan kenyamanan saat membaca buku-buku elektronik, selain berukuran kecil, juga mudah dibawa dan tidak cepat membuat mata sakit. Anda tidak akan leluasa ketika mempunyai waktu luang sempit harus membawa laptop kesana-kemari hanya untuk membaca buku.

MP3 player. Bagi yang suka mendengarkan musik, memiliki MP3 player adalah suatu keharusan. Anda dapat menyimpan dan juga memutar banyak lagu yang disukai melalui piranti ini. Karena berukuran kecil, piranti ini dapat dibawa kemanapun Anda pergi tanpa terbebani sama sekali.

Smartphone. Smartphone adalah piranti yang digunakan untuk melakukan komunikasi dan sekaligus berfungsi sebagai PDA (personal digital assistant), layaknya sebuah komputer. Pada awalnya dikenal dua jenis piranti yaitu handphone yang hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi dan PDA yang lebih sebagai asisten pribadi dan organizer. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, fungsi-fungsi dari kedua piranti ini digabungkan dan menjadi apa yang dikenal dengan istilah smartphone.

Tablet. Tablet adalah komputer portable berbentuk buku dan menggunakan layar LCD sentuh. Tablet tidak dilengkapi dengan keyboard tetapi dapat digunakan untuk menulis dengan bantuan pulpen khusus yang disebut dengan stylus. Tablet dirancang lebih tipis dan ringan, dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tas untuk bisa dibawa ke manapun.

Post a Comment